Berawal Dari Bahasa

Berawal Dari Bahasa - "Dream as you will live forever and live as you will die today". Kalimat tersebut selalu menggema di benak Yui sapaa akrab bagi seorang gadis super power, sahabat teman saya. Yui berkata bahwa layaknya sebuah simfoni yang membimbing dirinya untuk terus melangkah maju. Sejak kecil Yui selalu bermimpi untuk bisa menjejakkan kaki diseluruh penjuru dunia, bertemu dengan orang-orang berbeda yang belum pernah ia temui, saling berbagi pengalaman dan memperoleh ilmu pengetahuan yang baru setiap hari. Dari sanalah minta untuk mempelajari bahasa asing tumbuh.

Tidak banyak bahasa asing yang Yui pelajari, Bahsa Inggris dan Bahasa Jepang menjadi dua bahasa asing pertama yang Yui pelajari. Kondisi ekonomi keluarga kala itu belum cukup mampu untuk mendukung Yui agar bisa mengikuti bimbingan belajar bahasa. Yui pun sedikit demi sedikit mencari tahu dan mempelajarinya secara autodidak baik dari Buku, Internet maupun media lainnya. 

Hal tersebutlah yang pada akhirnya Memotivasi Yui untuk menempuh pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di salah satu Universitas yang ada di Indonesia. Melalui program studi ini, teman saya mempelajari banyak hal terkait komunikasi, tidak hanya tentang budaya, dan bahasa namun juga hal-hal lain yang tak kalah luar biasa seperti hubungan masyarakat, fotografi, periklanan, broadcasting, riset dan pengembangan dan lain sebagainya.

Ketertarikan Yui akan bahasa yang kemudian menghantarkannya untuk mendapatkan beasiswa Japan Student Services Organization (JASSO) Scholarship, sebesar 80.000 yen perbulan selama masa tinggal disana. Para mahasiswa yang lolos seleksi akan berkesempatan tinggal di Jepang selama satu tahun untuk belajar bahasa dan budaya Jepang serta riset di TUAT

Demikian usaha gigih yang Yui lakukan, tentu tidak didapatkan dengan mudah namun juga penuh dengan tantangan yang harus dihadapi. Kegigihan dan ketekunan yang menjadi kunci dalam menapaki setiap episode dalam hidup ini. Semoga cerita ini bisa menginspirasi untuk terus giat belajar berbahasa asing utamanya Bahasa Inggris sebagai salah satu Investasi abadi dikemudian hari. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berawal Dari Bahasa"

Post a Comment