4 Cara Cepat Melatih Skill Listening

Cara Ampuh Melatih Skill Listening - Cepat Mengerti dan Memahami
4 Cara Cepat Melatih Skill Listening
Listening skill atau kemampuan mendengarkan dalam bahasa inggris sangatlah penting. Listening merupakan salah satu kontent yang biasa diujiikan dalam ujian Toefl, IELTS,GMAT, SAT Cambridge Univertsity test. Selain itu dibangku sekolah kita juga diujikan dengan konten yang satu ini. Didalam tes toefl, IELTS, GMAT, SAT dan Cambridge University test, listening merupakan konten yang terbilang sulit. Karena Kita diperdengarkan dengan suara penutur asli dalam bentuk percakapan dan sebagainya, kemudian kita dituntut untuk mengerti dan memahami narasinya sehingga kita akan dapat menjawab soal-soalnya.
Lebih tepatnya kita kesulitan karena kita tidak terbiasa dengan bahasa penutur asli yang biasanya sangat cepat dan perbedaan aksen menyulitkan dalam mengurai kata demi kata dan vokal konsonan huruf yang didengar.

Menyikapi adanya hal tersebut, maka bagi para pembelajar bahasa Inggris, Listening skill atau kemampuan berbahasa Inggris harus selalu dilatih dan ditingkatkan, berikut ada beberapa TIPS DAN TRIK agar kemampuan listening sobat SI lebih baik :
  • Sering-seringlah mendengarkan audio dengan bahasa Inggris
  • Seperti mendengarkan radio BBC( British Boardcasting Sorporation), VOA( Voice of Amerika), ABC( Australia Broadcasting Commission). Seperti halnya kita belajar menghafal lagu,, dengan lirik yang benar, maka kita sering-sering mendengarkan lagu tersebut. Tak jauh bedanya dengan belajar listening, sering-seringlah kita mendengarkan audio dengan bahasa Inggris.

  • Membiasakan diri dengan menonton tayangan-tayangan berbahasa Inggris.
  • Menonton tanyangan juga sangat besar pengaruhnya kepada kita ketika kita sedang berusaha mendengarkan kalimatnya, sekaligus bisa melihat cara pengucapannya, seperti menonton berita berbahasa Inggris, film, dan opera. 

  • Teruslah Perbanyak Kosa Kata dan Pahami
  • Dalam listening, pengalaman yang sudah-sudah ketika kita cuma menghafal tanpa memahami tidak ada hasilnya, karena dalam listening salah satu faktor yang terpenting adalah pemahaman terhadap kosa kata itu sendiri, soo teruslah perbanyak kosa kata dan pahami.

  • Pelajari Linking atau Assimilation (Bunyi yang menjadi satu dalam pengucapan. Dalam bahasa Inggris setiap bunyi konsonan yang diikuti oleh bunti vokal akan lebut menjadi satu)
  • Assimilation atau asimilsi merupakan perubahan bunyi yang dilakukan agar bunyi yang dihasilkan menjadi menyerupai bunyi lainnya. Asimilasi ada dua macam yaitu Progresif assimilation dan Regresif Assimilation. Progresif assimilation adalah bunyi permodifikasian bunyi yang mana bunyi pertama mengalami perubahan bunyi dibelakangnya. Contohnya: In + possible = Impossible.
    Asimilasi yang ke dua adalah Regresif assimilasi yaitu permodifikasian bunyi dimana bunyi yang ada di belakang mengalami perubahan. Contohnya akhiran S,, ketika akhiran plural "s" ditambahkan ke suatu kata, maka ia akan berubah bunyi tergantung pada bunyi kata terakhir yang ditempelnya. Ada 3 bentuk penyucapan 3 diantaranya;
  1. Suara S akan menjadi S ketika di atach pada kata yang berakhiran voiceless seperti p,t,k, dll
  2. Suara akan menjadi Z ketika digabung dengan kata yang mempunyai bunyi terakhir voice b, d, g.
  3. suara S menjadi IS ketika ia digabung dengan suara yang berakhiran mendesis atau dikenal dengan sibilant,, ch, jh,s, z.

Listening skill akan menghasilakan suatu pemahaman terhadap apa yang kita simak. Dengan kata lain, Listening skill akan membuahkan Listening Comprahension memahami apa yang kita dengar atau kita simak.

Pengalaman mmbuktikan bahwa keberhasilan akan listening skill tergantung kepada sejumlah faktor diantaranya adalah faktor 4 Cara Cepat Melatih Skill Listening di atas, terimakasih.



Terimakasih, semoga bermanfaat untuk sobat yang masih belajar Bahasa Inggris. Ikuti terus update artikel sekolahinggris.com, karena materi yang disajikan berasal dari sumber-sumber yang ahli dibidangnya dan menggunakan panduan yang berkualitas. Semoga Bermanfaat !!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Cepat Melatih Skill Listening"

Post a Comment